Monday, February 15, 2016

Cara Menikmati Kopi Hitam

Cara Menikmati Kopi Hitam
Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ketiga di dunia. Tentu saja hal ini membuat kopi menjadi minuman yang mem-budaya di masyarakat. Jenis-Jenis Kopinya cukup banyak, dari bijih kopi yang pakai dihancurkan dulu kalau mau diminum sampai kopi instan yang tinggal di seduh. Cara penyajiannya juga beragam, dari yang pakai susu dan krim untuk menghilangkan rasa pahitnya sampai yang pakai sianida (not recommended)...hehe.

Hampir kebanyakan orang minum kopi instan yang bisa beli di warung. Karena banyak kelebihan tersendiri yang ditawarkan. Yang pertama, rasanya tidak sepahit kopi hitam. Kedua, praktis dan tinggal seduh. Ketiga, harganya lebih murah. Padahal sebenarnya kopi yang di tawarkan di pasaran tersebut adalah kopi dengan kualitas yang rendah. Dengan kata lain, banyak bahan tambahan lain yang digunakan sebagai penyedap rasa termasuk bahan-bahan kimia.

Tapi bukan berarti kopi instan tersebut tidak boleh di konsumsi, hanya saja kita tidak benar-benar bisa merasakan nikmatnya kopi yang sesungguhnya. Mungkin karena kebanyakan orang mengira kopi hitam memiliki rasa pahit yang sangat jadi lebih memilih kopi instan. Namun, menurut saya hal itu karena mereka tidak tahu cara menikmatinya.

Berikut saya akan mencoba berbagi Cara Menikmati Kopi Hitam. Cekidot.

Jangan Minum kopi Saat Perut Kosong

Kopi mengandung kafein yang bersifat dapat merangsang asam lambung. Kopi dapat melepaskan gastrin yang merupakan hormon pada perut untuk meningkatkan kerja motorik usus besar. Bila tidak ada asupan sama sekali di usus maka akan terjadi sakit perut. Oleh karena itu, biasakan makan cemilan atau apapun sebelum minum kopi.

Tetapi efek seperti pencahar pada kopi tersebut akan hilang seiring dengan rutinnya mengkonsumsi kopi.

Pilih Kopi Arabica

Pada umumnya, ada 2 jenis kopi yang dapat kita nikmati, yaitu robusta dan arabica. Kopi robusta memiliki rasa yang lebih pahit sementara arabica memiliki rasa yang sedikit asam. Apakah kalau asam berarti kafeinnya lebih tinggi? Tidak. Kafein memberi dampak rasa pahit pada kopi bukan rasa asam. Jadi, kopi arabica memiliki kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan robusta.

Menggunakan Gula atau Tidak

Penikmat kopi kebanyakan lebih memilih kopi tanpa gula karena memang rasa pahitnya yang nikmat itu yang dicari. Hal ini karena gula merusak rasa asli pada kopi. Namun, untuk yang baru mulai minum kopi saya sarankan untuk mengurangi gulanya jika tidak ingin terkena diabetes dan sedikit demi sedikit minum kopi tanpa gula. Anda akan menemukan sensasi nikmatnya.

Jangan Seduh Kopi dengan Air Mendidih

Menikmati kopi dengan air panas tentunya akan lebih nikmat, seolah benar-benar ada energi yang masuk saat kita meminumnya. Tapi kebanyakan orang tidak tahu rasanya akan lebih berbeda saat kita seduh kopi dengan air mendidih dengan yang tidak. Perbedaannya pada rasa pahit dalam kopi.

Saat kita seduh kopi dengan air panas, kafein pada kopi akan larut dalam kopi sehingga ada efek rasa pahit. Semakin panas air yang digunakan maka semakin pahit rasanya karena semakin cepat kafein yang larut.

Oleh karena itu, kopi jangan diseduh dengan suhu air yang lebih dari 90 derajat celcius. Bahkan, menurut penikmat kopi suhu terbaik yang digunakan adalah sekitar 60o celcius.

Minumlah dengan Cara Diseruput Sedikit Demi Sedikit

Minuman kopi bukanlah minuman untuk pelepas dahaga. Kopi seperti minuman untuk menemani saat sedang santai ataupun kerja (begadang). Cobalah sebelum minum kopi cium aromanya terlebih dahulu, setelah itu baru di minum sedikit demi sedikit secara perlahan. Nikmaaaat. :-)

Waktu Yang Tepat untuk Minum Kopi

Waktu yang tepat biasanya pagi hari saat sebelum memulai aktivitas atau sore hari saat santai dengan teman atau keluarga. Saat malam hari pun tak jadi masalah. Sebagian orang yang sudah terbiasa minum kopi malah menjadikan kopi sebagai kebutuhan. Apalagi khusus perokok.

Jadikan waktu luang mu bersama teman dengan secangkir kopi akan terasa lebih menyenangkan.

Setelah membaca Cara Menikmati Kopi Hitam di atas, untuk tambahan silahkan baca juga 7 Cara Membuat Minuman Kopi Di Dunia.

No comments:

Post a Comment